7 Jamu Herbal yang Ada Disekitar Rumah Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kunyit sangat bermanfaat untuk pengobatan, digunakan sejak 4000 tahun lalu. (foto : freepik.com)


JAMBIHERBAL.COM - Saat ini banyak orang beralih ke obat-obatan herbal yang dikenal dengan jamu, yang dipercaya lebih aman di konsumsi jangka panjang. 

Jamu tersebut sebetulnya sudah lama di konsumsi oleh orang tua-tua terdahulu, karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi jamu, tentu daya tahan tubuh meningkat dan terhindar dari beragam penyakit. 

Ada 7 buah tanaman obat atau jamu yang bisa dikonsumsi setiap hari, dan memiliki khasiat yang berbeda-beda. Pastinya sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam keluhan penyakit. 


Kunyit

Kunyit, Kunir atau Termeric, telah terbukti berkhasiat dalam mengobati nyeri dan anti inflamasi (peradangan). Selain itu, di Asia Selatan, kunyit telah digunakan lebih dari 4000 tahun lalu, sebagai obat paling ampuh untuk mengatasi nyeri seperti karena inflamasi.

Berdasarkan penelitian, ternyata Curcumin yang ditemukan dalam kunyit, mampu meredakan nyeri pada artritis, dan lebih baik dari obat anti inflamasi Natrium Diclofenac, dan memiliki keefektifan sama dengan obat Ibuprofen. 


Cabai Jawa

Cabai Jawa atau puyang/lempuyang, adalah salah satu rempah-rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu di masakan tradisional. Masyarakat kerap menggunakannya untuk mengatasi kelelahan, kekakuan serta mencegah masuk angin. 

Termasuk untuk meningkatkan energi, mengurangi perut kembung dan mengatasi beri-beri. Juga mengobati reumatik, bronkitis tekanan darah rendah, sakit kepala,kolera, influenza, lemah syahwat, dan sesak napas dll. 

Tidak hanya disitu, jamu ini diketahui mengandung zat besi yang cukup tinggi dan nutrisi lainnya, yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mencegah anemia.


Temulawak

Temulawak atau jahe jawa adalah rempah-rempah asli Indonesia. Selama berabad-abad telah digunakan untuk pengobatan beragam masalah kesehatan. Khasiat yang paling umum adalah dipercaya bisa meredakan mual, pusing, gejala pilek. 

Sedangkan pada anak-anak, temulawak di dapat meningkatkan nafsu makan. Kebanyakan orang membuat jamu temulawak dari campuran rimpang temulawak,kencur, gula aren, daun pandan segar, dan jinten, asem kawak tanpa biji. 


Beras kencur

Dahulu beras kencur begitu familiar, karena dipercaya berkhasiat agar tubuh terhindar dari rasa sakit dan nyeri yang biasanya timbul setelah bekerja terlalu keras. Selain itu, ada banyak pendapat bahwa ramuan ini dapat merangsang nafsu makan, sehingga nafsu makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.


Paitan

Paitan/Pahitan, sesuai dengan namanya memiliki arti pahit, juga salah satu jamu yang mengandung bahan-bahan herbal yang terasa pahit, seperti sambiloto, brotowali, meniran, lempuyang, , babakan pule, widorolaut, doroputih, adas dan atau empon-empon. 

Dari beragam bahan diatas jam, misalnya cuci darah atau penghilang gatal, bau badan, menurunkan kolesterol, perut kembung/jerawat, pegal-pegal, dan pusingbiduran, nafsu makan penambah nafsu makan, diabetes,


Mengkudu Laos

Minuman herbal berikutnya adalah laos atau lengkuas dan mengkudu buah mengkudu. Kudu Laos ini adalah salah satu minuman utama, minuman herbal ini bagian dari bab laos. 


Galian Singset

Galian singset sejak dari dulu tela digunakan oleh para wanita, sebagai jamu herbal yang memiliki beragam manfaat. Seperti untuk menurunkan berat badan, singsat atau singset. 

Ada juga manfaat lain, dari sebagian besar masyarakat juga mengungkapkan manfaat lain seperti kulit yang lebih baik, aroma tubuh yang harum, dan organ kewanitaan yang lebih kencang.

Itulah 7 obat herbal atau jamu herbal yang bisa digunaka di rumah untuk mengatasi beragam keluhan penyakit. ***

Posting Komentar untuk "7 Jamu Herbal yang Ada Disekitar Rumah Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan"