Manfaat Jahe Putih Sebagai Obat Herbal Turun Temurun

Jahe merupakan tanaman herbal - source : pixabay.com

JAMBIHERBAL.COM - Jahe merupakan tanaman herbal yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional bahkan telah
 ribuan tahun yang lalu, sebab jahe memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bahkan orang tua jaman dulu sering menggunakan jahe putih sebagai obat herbal untuk berbagai keluhan penyakit, seperti masuk angin, memar, batuk dan keluhan lainnya, baik itu dalam maupun luar tubuh.

Manfaat Jahe sangatlah banyak, sehingga tanaman ini banyak ditanam dipekarangan sebagai tanaman obat dan rempah masakan. Dalam kandungan jamu juga termasuk jahe di dalamnya.

Manfaat Jahe Putih Meliputi :

1.     Meredakan Mual dan Muntah

Jahe telah terbukti efektif dalam meredakan mual dan muntah, baik yang disebabkan oleh mabuk perjalanan, mual kehamilan, atau pascaoperasi. Saat ini Jahe dikemas kedalam sebuah produk, yang praktis untuk diminum diramu dengan sejumlah bahan lain.

 

2.     Pengurang Nyeri Sendi dan Otot

Kandungan antiinflamasi pada jahe membantu mengurangi nyeri pada sendi dan otot, memberikan kenyamanan pada penderita arthritis atau nyeri lainnya. Penggunaannya bisa dicampur dengan minyak, ataupun dibalurkan secara langsung ke bagian yang sakit, sebelumnya jahe diparut terlebih dahulu.

3.     Penurun Tekanan Darah

Beberapa studi menunjukkan bahwa jahe dapat membantu menurunkan tekanan darah, menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah, dengan cara dikonsumsi secara rutin.

 

4.     Sumber Antioksidan Alami

Kelebihan lain, Jahe mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

 

5.     Regulasi Gula Darah

Manfaat berikutnya berdasarkan studi menunjukkan bahwa, jahe dapat berperan dalam mengatur kadar gula darah, untuk itu manfaat jahe amatlah penting bagi penderita diabetes.

6.     Menenangkan dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi orang-orang yang sudah tidur, baiknya konsumsi rutin jahe putih. Sebab Jahe memiliki sifat menenangkan, juga dapat membantu meredakan stres dan kecemasan yang memengaruhi kualitas tidur.

7.     Membantu Menurunkan Berat Badan

Percaya atau  tidak, sejatinya mengkonsumsi jahe, juga terkait dengan peningkatan metabolisme, yang dapat mendukung usaha menurunkan berat badan.

8.     Penguat Sistem Kekebalan Tubuh

Perlu diketahui bahwa senyawa-senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol, dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

9.     Penangkal Batuk dan Pilek

Manfaat Jahe kali ini, telah banyak diketahui oleh orang,  yakni sebagai penangkal batuk dan pilek. Jahe bekerja sebagai ekspektoran alami yang membantu meredakan batuk dan pilek dengan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

 

10.                        Meredakan Masalah Pencernaan

Khasiat jahe termasuk meredakan masalah pencernaan seperti perut kembung, gas, serta membantu pencernaan lebih baik.

Dengan memahami manfaat jahe sebagai obat herbal, Anda bisa memanfaatkannya sebagai suplemen sehat dalam pola hidup Anda. Penting untuk konsultasi dengan tenaga medis sebelum mengonsumsi jahe secara rutin, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Posting Komentar untuk "Manfaat Jahe Putih Sebagai Obat Herbal Turun Temurun"