Cara Merawat Gigi Agar Tidak Sering Sakit

JAMBIHERBAL.COM - Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang sangat penting, sebab makanan masuk melalui mulut dengan cara dikunyah terlebih dahulu. Terlebih merawat gigi, sebab merawat gigi dengan baik adalah kunci untuk mencegah sakit gigi dan masalah kesehatan gigi lainnya.



Banyak orang yang menganggap menjaga dan merawat gigi adalah hal sepele, apalagi saat ini banyak sekali orang muda yang mengalami gigi keropos dan rusak, oleh sebab itu penting sekali dijaga dan dirawat.

Berikut adalah beberapa tips untuk merawat gigi agar tidak sering sakit

  1. 1.    Menyikat gigi secara teratur

Sikat gigi setidaknya minimal dua kali sehari, pagi dan sebelum tidur.

Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah kerusakan gigi. Banyak sekali dipasaran pasta gigi yang mengandung bahan tersebut, sehingga bisa menjadi pilihan anda.

Ganti sikat gigi Anda setiap 3-4 bulan atau ketika bulu sikat sudah aus. Sebab dengan mengganti rutin sikat gigi, sikat gigi yang anda gunakan bisa maksimal dalam menyikat gigi anda.

  1. 2.    Flossing (penggunaan benang gigi):

 

Gunakan benang gigi setiap hari untuk membersihkan sisa makanan dan plak di antara gigi. Flossing membantu mencegah pembentukan karies dan peradangan gusi.

  1. 3.    Minum air putih

 

Air putih adalah minuman terbaik untuk kesehatan gigi. Air membantu membersihkan sisa makanan dan mengurangi asam dalam mulut.

  1. 4.    Batasi konsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam dan gula

Makanan dan minuman asam dapat merusak enamel gigi. Hindari minuman bersoda, permen, dan makanan cepat saji. Selain itu seperti cuka juga dihindari, hal ini membuat gigi cepat rusak karena tingkat asam yang tingig.

Jika anda mengonsumsi makanan dan minuman seperti itu, segera berkumur atau minum air untuk membilas asam, jangan dibiarkan dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan gigi anda.

  1. 5.    Kunjungi dokter gigi secara teratur

Lakukan pemeriksaan gigi rutin setiap 6 bulan sekali atau sesuai saran dokter gigi. Pemeriksaan rutin dapat mendeteksi masalah gigi secara dini sebelum menjadi lebih serius.

  1. 6.    Hindari merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan:

Merokok dan alkohol dapat merusak kesehatan gigi dan mulut. Hindari atau kurangi konsumsi keduanya. Sebab jika anda merokok, sisa candu rokok tersebut menempel pada gigi, yg lama kelamaan akan merusak gigi.

  1. 7.    Gunakan pelindung gigi jika bermain olahraga kontak

Jika Anda bermain olahraga seperti sepak bola atau hoki, gunakan pelindung gigi untuk melindungi gigi dari cedera. Hal ini umum dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan pada saat berolahraga tersebut.

  1. 8.    Jaga pola makan seimbang

Untuk menjaga kesehatan gigi, tentunya anda harus menjaga pola makan dengan cara makan makanan yang kaya akan nutrisi, terutama kalsium, seperti susu, keju, dan sayuran berdaun hijau.

Hindari makanan yang terlalu keras, seperti permen karet yang dapat merusak gigi.

  1. 9    Hindari mengunyah es

Mengunyah es atau benda keras lainnya dapat merusak gigi Anda, sebab untuk mengunyah benda keras tentu butuh kekuatan ekstra, sehingga akan mempengaruhi struktur pada gigi anda.

Jaga kebersihan lidah dan gusi

Sikat atau bersihkan lidah Anda dengan lembut untuk menghilangkan bakteri. Gusi yang sehat adalah penting, jadi jangan lupa menyikat gusi Anda dengan lembut dan jangan pula terlalu sebentar, sikatlah sesuai anjuran.

Penting untuk diingat bahwa perawatan gigi yang baik juga melibatkan kunjungan rutin ke dokter gigi. Jika Anda mengalami sakit gigi atau masalah gigi lainnya, segera konsultasikan dengan dokter gigi Anda.***

 

 

 

 

Posting Komentar untuk " Cara Merawat Gigi Agar Tidak Sering Sakit"