Cara Praktis Konsumsi Beras Merah Berikut Manfaatnya




JAMBIHERBAL.COM - Pernahkah anda menkonsumsi serbuk beras merah?, serbuk beras merah terbuat dari beras merah murni yang diproses atau digiling menjadi serbuk dengan tujuan agar lebih mudah dikonsumsi dan praktis. Sehingga saat anda butuh tinggal seduh dengan air panas sudah bisa dikonsumsi layaknya membuat secangkir kopi.

 Beras merah merupakan salah satu jenis beras yang sering ditanam oleh petani kita, namun saat ini belum banyak petani yang membudidayakannya, hanya sebagian saja. Beras merah adalah beras pada umumnya yang belum mengalami proses penggilingan, sehingga lapisan kulit dan aleuron pada beras masih ada.

Dilangsir dari situs infonyo.com beras merah memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, di antaranya:

·       Kaya Serat

Beras merah mengandung lebih banyak serat daripada beras putih. Serat membantu menjaga pencernaan yang sehat, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus besar. Sehingga banyak digunakan oleh orang yang menderita sembelit atau mengalami masalah usus.

·       Nutrisi yang Lebih Tinggi

Kandungan nutrisi didalam beras merah diantaranya vitamin B, mineral, antioksidan, dan fitonutrien. Ini termasuk zat besi, magnesium, fosfor, selenium, mangan, dan berbagai vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niacin. Artinya, kandungan nutrisi beras merah lebih banyak dibandingkan dengan beras putih yang dikonsumsi pada umumnya.

 

·       Indeks Glikemik Rendah

Indeks Glikemik (IG) merupakan ukuran yang biasa digunakan untuk melihat seberapa cepat karbohidrat yang ada dalam makanan yang dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia.

Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Hal ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga energi yang lebih stabil, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

·       Kaya Antioksidan

 Beras merah mengandung antioksidan seperti anthocyanin, flavonoid, dan fenolik, yang membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

·       Mendukung Kesehatan Jantung

 Serat, fitonutrien, dan antioksidan dalam beras merah dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

·       Menurunkan Risiko Kanker

 Zat fitokimia dalam beras merah telah terkait dengan pengurangan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker usus besar.

 

·       Membantu Pengendalian Berat Badan

 Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi asupan kalori dan mendukung upaya penurunan berat badan.

 

·       Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dalam beras merah dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit Anda.

·       Meningkatkan Kesehatan Tulang

 Kandungan magnesium dan fosfor dalam beras merah dapat mendukung kesehatan tulang dan gigi.

·       Menjaga Kesehatan Usus

 Serat dalam beras merah juga dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang penting untuk kesehatan usus.

Produk serbuk bera merah keluaran PT. Natural Nusantara salah satu cara untuk mengkonsumsi beras merah secara praktis, selain itu serbuk beras merah atau serbuk beras merah natural ini juga dari beras organik yang bebas kimiawi.

Adapun kandungan dari setiap takaran saji 13 gram atau 38 sajian per kemasan 500 gram diantaranya :

Energi total 50 kkal

Energi dari lemak 0

Energy dari lemak jenuh 0

Karbohidrat 11 gram

Gula 0

Garam 0

Ini baik untuk orang yang menderita gula, diabet, darah tinggi, maagh ataupun untuk yang ingin diet atau menurunkan berat badan. Terbukti dari banyak konsumen yang telah mengkonsumsi beras merah serbuk ini.

Namun, penting untuk diingat bahwa manfaat beras merah ini sebaiknya dikombinasikan dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Pilihan makanan lainnya dan aktivitas fisik juga berperan penting dalam mencapai dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.***

 

 

 

 

Posting Komentar untuk "Cara Praktis Konsumsi Beras Merah Berikut Manfaatnya"